Monday, January 14, 2013

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Maros


Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (atau disingkat TN Babul) terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Taman nasional tersebut merupakan taman nasional dengan jajaran bukit kapur Maros Pangkep yang merupakan ares Karst terbesar kedua di dunia setelah China bagian Tenggara.

Secara administrasi pemerintahan, kawasan taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan Pangkep. Saat ini TN Babul dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, yang berkedudukan di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. 

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memiliki berbagai keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu,tempat ini juga dikenal dengan surganya kupu - kupu (The Kingdom of Butterfly). Namum pada saat saya kesana saya tidak mendapati kupu - kupu dikarena penangkaran kupu - kupu lagi dalam renovasi oleh pihak Taman Babul.

Dalam kawasan Taman Nasional Babul terdapat dua gua yang menjadi daya tarik objek wisata Bantimurung, dimana gua tersebut bernama Gua Mimpi dan Gua Batu. Keindahan yang diberi disepanjang perjalanan menyusuri gua (caving) saya melihat keindahan stalagnit dan stalagmit yang indah, batuan tersebut tercipta dari tetesan air yang menggantung di atas langi - langit gua.

Taman Nasional Bantimurung  - Bulusaraung, Maros 
Pintu gerbang yang berlambangkan kupu - kupu 

Nampak belakang merupakan tebing - tebing kapur

Air Terjun Bantimurung diperkirakan ketinggian 15m dan lebar 20m
Aliran air yang mengaliri air terjun yang berada di bawah 
Jalan setapak menuju gua
Mari Bersama - sama letarikan Alam Indonesia kita
Tangga menuju ke dalam gua



Salah satu gua yang berda di Taman Nasional Bantimurung 
                        




Lorong pertama menuju gua
Tanda merah menunjukan masih adanya gua yang berada dibelakang saya

Untuk Memasuki kawasan Taman Bantimurung Bulusaruang anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- dan untuk memasuki gua tersebut anda cukup menyewa senter dengan harga sebesar Rp 25.000,- persenternya. 

No comments:

Post a Comment